Kemeriahan Festival Kuliner Bertaraf Internasional di Ubud, Bali

UFF 2018 is in town again!

23.04.18 by Givania Diwiya Citta
ubud food festival

ubud food festival

UBUD FOOD FESTIVAL – Festival kuliner tahunan bertaraf internasional yang sukses diselenggarakan sejak tahun 2015, Ubud Food Festival (UFF) kembali berhasil menarik banyak minat wisatawan dan para pecinta kuliner baik dari dalam dan luar negeri. Perlu diketahui, UFF merupakan sebuah prakarsa dari lembaga nirlaba Yayasan Mudra Swari Saraswati, yang memiliki misi untuk mendukung industri kuliner dan pariwisata Indonesia. Tahun ini, UFF bekerjasama dengan ABC, salah satu brand besar di industri makanan dan minuman di Indonesia, menggelar event bertajuk Ubud Food Festival 2018 Presented by ABC yang diselenggarakan pada tanggal 13 – 15 April 2018 di Ubud, Bali. Wonderful Indonesia dari Kementerian Pariwisata pun turut mendukung penuh festival kuliner ini guna meningkatkan pariwisata di Indonesia.

ubud food festival

Ubud Food Festival 2018 Presented by ABC mengangkat tema ‘Generasi Inovasi’, sebagai sebuah bentuk penghargaan bagi generasi muda Indonesia yang kini membawa banyak inovasi ke dalam industri kuliner. Tak dapat dipungkiri, generasi muda kini sedang mengubah lanskap kuliner Indonesia dan mendorong ledakan ekonomi dalam berbagai bidang ke arah yang lebih baik. Dengan menggunakan teknologi, mereka menemukan hal-hal baru sekaligus menciptakan tren yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Mulai dari resep-resep unik yang memadupadankan bahan makanan tradisional dan internasional, mempromosikan kuliner Indonesia hanya melalui lini masa, hingga menciptakan aplikasi ponsel yang memudahkan penggunanya untuk menyicipi sebuah hidangan.

ubud food festival

Sejalan dengan misi Yayasan Mudra Swari Saraswati, festival kuliner ini memberikan ruang yang lebih luas kepada generasi muda untuk mengembangkan karir mereka, sekaligus mempromosikan kuliner Indonesia ke kancah internasional. Terdapat banyak sekali pihak yang turut menyukseskan dan meramaikan festival kuliner ini, mulai dari chef ternama dari dalam dan luar negeri, selebriti, food bloggers, penulis kuliner, pegiat alam dan pertanian, pengusaha, inovator, serta tentunya pionir dari Indonesia dan beberapa negara lainnya.

ubud food festival

Beberapa nama tersebut, di antaranya Chef Ragil Imam Wibowo dari NUSA Indonesian Gastronomy yang terkenal lewat kreasinya melakukan modernisasi dari resep tradisional Indonesia. Andrian Ishak, chef di balik Namaaz Dining yang mahir menghidangkan menu molecular gastronomy. Rinrin Marinka, sosok yang kerap muncul di acara kuliner di televisi, mulai dari MasterChef dan Junior MasterChef Indonesia yang ditayangkan di TV lokal, hingga At Home With Marinka yang tayang di saluran TV internasional, Asian Food Channel. Para ahli kuliner dari Pulau Bali juga turut unjuk kemampuan, seperti Putu Sumarjana dari Nusantara by Locavore, Mandif Warokka dari BLANCO par Mandif, dan masih banyak lagi.

ubud food festival

Sedangkan dari kancah internasional, hadir Chef Rydo Anton yang berasal dari Indonesia namun sukses berkarir sebagai Head Chef di Gaggan, Bangkok, restoran yang menduduki peringkat teratas daftar Asia’s 50 Best Restaurants selama tiga tahun berturut-turut. Lalu, Rishi Naleendra, chef asal Sri Lanka pertama yang mendapatkan penghargaan Michelin untuk restoran Cheek by Jowl di Singapura. Selain itu, terdapat dua chef asal Korea dengan penghargaan Michelin, Sun Kim dari Meta di Singapura dan Jun Lee dari restoran Soigné di Seoul, serta sederet nama terkenal lainnya.

ubud food festival

Ubud Food Festival 2018 Presented by ABC yang berlangsung selama tiga hari ini dipenuhi oleh berbagai macam program acara menarik, baik berbayar maupun gratis, seperti demo masak, special events, workshop, tur kuliner, pasar makanan, pemutaran film, pertunjukan musik, dan panel-panel diskusi terkait industri kuliner. Sentral kegiatan yang berlokasi di Taman Kuliner, Ubud diramaikan oleh berbagai stand makanan dan minuman yang sangat menggoda untuk dicoba. Di sini pula tempat berlangsungnya pertunjukan musik dan pemutaran film yang tak kalah menarik banyak perhatian pengunjung. Sedangkan untuk kegiatan special events, diselenggarakan secara tersebar di berbagai restoran atau tempat lainnya sekitar Ubud. Antusiasme dan gelora seluruh pecinta kuliner dari dalam dan luar negeri yang menghadiri UFF tahun ini sangat kuat terasa dan bersinergi satu dan lainnya. Hal ini tentu menunjukkan bahwa siapa saja puas menikmati UFF 2018 dan tak sabar menanti kembali penyelanggaraan UFF tahun depan!

 

TEKS: Indri Wulandari

FOTOGRAFI: Anggara Mahendra, Wirasathya Darmaja, Wayan Martino, Vifick Bolang