Pencapaian Aretha Franklin di Industri Musik Dunia

The Queen of Soul leaves remarkable legacy in music industry.

20.08.18 by Givania Diwiya Citta

Tidak ada yang membuat kita bisa terngiang akan musik soul seperti Respect, Ain’t No Way, Chain of Fools, Dr. Feelgood (Love Is a Serious Business), hingga (You Make Me Feel Like a) Natural Woman, kecuali dari musikalitas dan vokal yang powerful sang mendiang Queen of Soul, Aretha Franklin. Penyanyi yang menjadi legenda ini meninggalkan warisan pencapaian dalam industri musik dengan menjadi nominator Grammy sebanyak 44 kali, memenangkan 18 di antaranya, memiliki range vokal sebanyak empat oktaf, pianis otodidak yang menerima gelar honorary doctorates dalam musik dari Berklee College of Music dan Yale University walau tanpa menamatkan pendidikan SMA. Hanya Aretha juga yang bisa tampil di tiga acara inagurasi presiden Amerika sekaligus, mulai dari Jimmy Carter, Bill Clinton, dan Barrack Obama. Here’s how she paved legendary achievements in music.

aretha franklin

Tahun 1968, Aretha pertama kali meraih piala Grammy setelah debut kariernya di industri musik pada tahun 1956. Ia sekaligus meraih dua penghargaan Grammy untuk lagu Respect yang didaulat sebagai Best R&B Recording, dan dirinya sebagai Female Best R&B Solo Vocal Performance.

Tahun 1988 dan 1989 menjadi dua tahun bersejarah di Grammy Awards, karena Aretha secara berturut-turut membawa pulang total tiga piala Grammy untuk Aretha sebagai Female Best R&B Vocal Performance, untuk I Knew You Were Waiting (For Me) bersama George Michael sebagai Best R&B Performance by a Duo, lalu dilanjutkan memenangkan Female Best Soul Gospel Performance untuk One Lord, One Faith, One Baptism.

Aretha juga mencetak warisan dalam sejarah Grammy sebagai musisi yang menerima Grammy Legend Award pada tahun 1991, dan penghargaan Grammy Lifetime Achievement Award tahun 1994.

Aretha Franklin

Fakta menarik lainnya dalam keterlibatan Aretha dalam Grammy adalah bahwa Aretha pernah tanpa latihan menggantikan penampilan Luciano Pavarotti untuk menyanyikan lagu Nessun Dorma karya Puccini kala ajang Grammy Awards tahun 1988. Sekali lagi, tanpa latihan.

Tahun 2014 juga menjadi momentum pencapaian bagi Aretha di mana ia didaulat menjadi perempuan pertama dalam sejarah musik dunia yang meraih total 100 posisi di tangga lagu Billboard Hot R&B. Surely she will be missed, but her legacy in music is forever roaring.