Perbincangan dengan Cyril Lancelin, Arsitek sekaligus Seniman Perancis

Solo exposition of his own.

27.06.18 by Givania Diwiya Citta
Cyril Lancelin

Installation Knot Caramel

Arsitek sekaligus seniman basis Perancis, Cyril Lancelin, mempresentasikan secara eksklusif karya instalasi yang gigantic dan eksperimental pada kita dan dunia. Dasar profesi Cyril selaku arsitek, membuat alat-alat parametic menjadi perkakas utamanya dalam menciptakan bentuk klasik nan bervolume pada karya-karya yang berstruktur unik. Dengan dominasi material balon dan karet, ia mewujudkan pahamnya terhadap bentuk menjadi skala arsitektural yang bisa dinikmati publik, semasif dampaknya mengubah definisi kita dalam mengapresiasi karya seni. Yakni lebih dari sekadar objek untuk dilihat, art becomes a place to be experienced. His artwork proves that art is such a brave new world.

Cyril Lancelin

Anda lahir, besar, dan selalu tinggal di Perancis. Bagaimana budaya Perancis membantu membentuk proses kreatif Anda?

Kami memiliki banyak museum dan foundation di Perancis, saya rasa itu membantu saya menemukan minat dan mencintai seni. Saya selalu mencoba untuk mempertanyakan beberapa prinsip saat saya berkarya. Dalam budaya Perancis, kami menyukai kritik, saya menyukainya juga, itu membantu progres saya.

Apa Anda datang dari keluarga kreatif?

Tidak, orang tua saya bekerja di industri kimia dan biologi. Tapi ayah saya senang menciptakan sesuatu, sekarang dia senang membuat pahatan atau instalasi, dia banyak membantu saya.

Cyril Lancelin

Installation Half Pyramid Pink

Apa saja yang menjadi referensi Anda untuk mengasah sensibilitas seni instalasi Anda?

Saya pernah mengunjungi Donald Judd Foundation di Marfa, Texas, 10 tahun yang lalu. Saya benar-benar mendapatkan pengalaman luar biasa di sana. Saya senang memikirkan jika saya berkunjung ke instalasi saya sendiri, apakah diri saya akan memotretnya, di mana, dan mengapa?

Apa ekshibisi pertama Anda?

Saya rasa mungkin adalah diploma arsitektur saya yang diterbitkan di Art Magazine, saya sangat bahagia. Membuat saya ingin untuk terus melanjutkan berkarya dan selalu meriset ide-ide baru.

Cyril Lancelin

Installation Chain

Bagaimana pendapat Anda tentang pasar Asia terhadap karya seni Anda, dibandingkan dengan pasar Eropa dan Amerika?

Saya mendapatkan pengalaman luar biasa di Tiongkok, dan saya tidak sabar untuk kembali ke sana dengan instalasi baru yang immersive. Saya senang mengeksplorasi negara baru dan publik baru. Saya mencoba mengimajinasikan bagaimana orang-orang akan berinteraksi dengan instalasi saya, tapi selalu saja ada kejutan-kejutan baru dari sana.

Apa yang tengah Anda kerjakan dan bisa kami nantikan?

Saya sedang mengerjakan instalasi baru berbasis Flamingos untuk acara bulan Juli di New York nanti. Lalu saya akan mempresentasikan satu hal di London pada September, dan saya berkolaborasi dengan Unique Board yang berspesialisasi pada Limited Edition Arts Objects untuk sebuah pahatan yang akan dijual hanya melalui situs mereka. Saya juga sedang mengerjakan beberapa instalasi berskala besar untuk tahun 2019 di Tiongkok, California, Lille, dan Moskow.

Cyril Lancelin

Installation Primself

PHOTOGRAPHY: Town & Concrete