101 bersama Desainer Interior Kelly Wearstler

Seorang pengambil risiko yang membuka langkah independennya untuk mengejar gairah personalnya dalam seni dan desain, itulah seorang Kelly Wearstler yang namanya lantas kita kenal di dunia desain interior sebagai pelopor dan motor dari desain Mid-Century Modern sejak era ’90-an, yang estetika antara glamor Old Hollywood dan modernitas sarat sejarah seni, arsitektur, pahatan, pola, tekstur, pencahayaan, mood, membuat storytelling miliknya soulful sekaligus seksi.

11.01.19 by Givania Diwiya Citta

Anda lahir di Myrtle Beach, kuliah di Boston, pernah bekerja di New York, tapi pendekatan estetika Anda sangat terasa California, apalagi Hollywood, di mana Anda juga sedari lama mengejar berkarier di Los Angeles dan akhirnya menetap di sana. Apa yang menjadi pemicu untuk membangun karier di luar arus asal Anda? Dan bagaimana Anda mendeskripsikan panggilan hati terhadap Los Angeles?
Kota ini sangatlah unik dan menginspirasi. Ini adalah kota berisi gairah dan eksplorasi. Tempat sempurna di mana histori dan modernitas bertemu. Yang saya amat cintai dari L.A. adalah perkawinan antara jiwa baru dan jiwa lama. Saya terpanggil untuk tinggal dan bekerja di sini karena rumus sempurna yang ada di satu tempat ini – mulai dari pohon-pohon palem yang menjulang tinggi, hingga pegunungan dan trek pendakiannya, hingga museum seni berkelas dunianya, para seniman yang inovatif, budaya yang on-fire, kuliner lokal yang segar, gaya hidup yang sehat, dan merentangnya pantai berpasir dan selancarnya.

Anda awalnya berencana menjadi set decorator, lalu bagaimana Anda beralih menciptakan bisnis desain interior milik sendiri? Apakah ini termasuk rancangan sejak awal, atau justru berjalan secara organik?
Saat saya pertama datang ke L.A. setelah selesai dari kuliah seni, saya bekerja sebagai asisten produksi dan terpikir ingin bekerja di departemen seni atau menjadi desainer produksi. Tapi ternyata saya lebih tertarik pada desain interior. Saya mulai dari satu klien. Seorang teman yang mereferensikan dan merekrut saya untuk mendesain ruang makan di rumahnya. Dia menyukainya dan saya berakhir mendesain seluruh rumahnya, dan perlahan mengembangkan bisnis saya melalui word of mouth. Tahun 1995 barulah saya mendirikan studio saya. Seluruhnya terjadi secara organik, intuitif, dan merupakan perjalanan yang dilakukan penuh rasa.

Anda kerap mengombinasikan objek yang edgy dan yang vintage untuk menciptakan estetika eklektik, yang akan membuat penikmat desain Anda serasa melintasi waktu dan era, terutama tak jarang kami menemukan dekorasi antik yang ditata dengan karya seni ultra kontemporer. Apa ikatan Anda terhadap histori? Dan bagaimana proses kreatif Anda untuk bisa membuat semua referensi yang saling berbeda itu menjadi satu karya final Anda?
Arsitektur dan histori adalah salah satu elemen pertama yang akan saya pertimbangkan dalam memvisualisasi suatu ruang. Saya selalu punya kecintaan untuk sejarah seni dan desain di semua era. Pergerakan di Memphis sangat menginspirasi saya pada bagian permainan warna dan penggunaan siluet arsitektural. Juga Bauhaus, Cubism, Modernism, semuanya memiliki keindahannya masing-masing. Membiarkan objek kontemporer berharmoni dengan poin referensi historikal akan menciptakan vibe yang distingtif dan soulful. Saya saat ini tengah mengerjakan proyek untuk brand hotel baru, Proper Hotels. Desain untuk setiap hotelnya menyelaraskan dengan elemen historikal yang hotel ini miliki, hingga bisa memberi spirit baru tanpa mengambil alih jiwanya.

kelly wearstler

Meski kini telah banyak boutique hotel, boutique restaurant, boutique department store, tapi di masa Anda, Anda mengkreasikan proyek interior yang lebih sedikit jumlahnya namun semuanya sukses besar. Pilihan proyek Anda mewakili pengetahuan dan insting Anda. Menurut Anda, bagaimana bisnis desain interior berubah di masa sekarang?
Bisnis desain interior konstan berevolusi. Tapi saya menjauhi tren dan lebih mengikuti intuisi saya, dan saya rasa itulah yang membuat karya saya unggul. Media sosial juga telah membuat dunia desain dan seni sangat mudah diakses. Saya sendiri suka mencari seniman baru, arsitektur, dan desain baru di Instagram. Dengan media sosial, kita punya platform bagus untuk bercerita, dengan network kita. Mengurasi gambar-gambar penuh mood sudah menjadi lompatan bagus untuk mengerjakan semua proyek. Dengan Instagram, saya mencari dan berbagi apa yang menginspirasi saya dan menginspirasi munculnya emosi.

Sebagai salah satu pelopor dan penggerak desain Mid-Century Modern di generasi Anda, apa yang menantang dari memimpin bisnis desain ini di L.A. yang sekarang, dengan para firma desain yang mengacu pada Anda?
Setiap desainer punya sudut pandang unik untuk proyek mereka. Semuanya adalah tentang berekspresi melalui lensa personal Anda, dan itulah yang akan membuat gaya Anda unggul. Estetika saya adalah tentang mengambil risiko, mendampingkan yang raw dan yang refined, mencampurkan vintage dan modern.

Apa Anda ingat satu buah karya seni yang Anda nikmati saat kecil, yang sampai saat ini membekas pada Anda?
Saya selalu terikat pada desain. Saat masih kecil, saya pergi ke banyak pameran antik dan acara-acara pelelangan, yang membentuk selera saya sedari kecil. Dulu saya akan membuat desain cantik yang saya buat dari tali, kawat, dan karton.

Apa yang menginspirasi Anda untuk merengkuh desain Mid-Century Modern?
Ada atensi tinggi terhadap penciptaan siluet yang sempurna, yang mengawinkan bentuk dan fungsi, pada desain Mid-Century di era modern ini. Kualitas dan craftsmanship berjaya selama masa ini, dengan para pembuat furnitur mengerahkan hati dan jiwanya pada setiap karyanya untuk membuatnya distingtif. Kualitas dari material menjadi yang terpenting karena desain menjadi semakin lebih sederhana. Saya sangat suka keindahan dari kekayuan eksotis dan penggunaan dari material natural.

kelly wearstler

Siapa saja pendatang baru di industri seni dan desain yang menginspirasi Anda?
Misha Kahn, Katie Stout, Carly Jo Morgan, dan Mary Weatherford meski dia bukan pendatang baru, tapi saya suka seniman kontemporer basis L.A. ini.

Bagaimana Anda mendekorasi kantor Anda?
Saya sangat ingin studio saya terasa bisa dihuni. Chandelier modern memberi rasa hangat ke seluruh penjuru ruang, lalu ada dinding yang dilapisi kertas handmade Canon Bullock, ruang konferensi hampir sejenis dengan ruang makan dengan meja marmer oversize dan kursi makan Elliot saya. Ruang utamanya adalah open plan, dengan serial meja kerja kayu besar dan custom-made di area tengah, dan kubikel rendah yang tersebar di sisi. Penting untuk membuat diri saya bisa diakses oleh semua orang, jadi jika ada yang ingin bertanya, saya akan ke sana dan membuat semuanya tetap berjalan lancar.

Seperti apa hari tipikal Anda?
Saya memulai pagi saya dengan kelas olahraga jam 6, lalu meminum double macchiato dan mengantar anak-anak saya ke sekolah. Hari saya di kantor beragam. Saya bisa mengunjungi vendor di pagi hari, meeting bersama klien, atau mendesain dan menciptakan ide-ide baru. Saya terkenal memadatkan lusinan meeting pada siang hari. Studio saya juga punya banyak disiplin dengan medium berbeda-beda yang mengisi satu sama lain. Kawin silang yang mengagumkan ini yang paling menginspirasi saya.

Mengilas balik pada seluruh perjalanan Anda, momen apa dalam hidup yang Anda rasa patut terbaik dirayakan?
Memiliki anak-anak saya! Keluarga adalah prioritas hidup saya. Anak-anak lelaki saya menginspirasi saya. Mereka sangat penuh cinta dan energi kreatif. Melihat dunia dari mata mereka sungguh pengalaman yang menakjubkan. Semua momen untuk merayakan mereka membuat saya bahagia. Bahkan waktu berkualitas yang sederhana bersama mereka adalah spesial.

kelly wearstler