/  

Daniel Arsham Seniman di Balik Rimowa Eroded Suitcase

14.05.19 by Rizky C. Rory

Rimowa Eroded Suitcase – Label perkakas premium Rimowa baru saja menyelesaikan sebuah proyek kolaborasi dengan seniman Amerika kenamaan Daniel Arsham.

Lewat kreasi pahat yang ditampilkan diatas salah satu arsip milik label yang berdiri pertama kali pada tahun 1898, yaitu koper Rimowa Classic Attache pada pameran Frieze di New York, Arsham berhasil memberi sorotan pada koper klasik tersebut.

Kolaborasi ini juga melahirkan koleksi yang diberi nama Eroded Suitcaseyang akan mulai dipasarkan pada 17 Mei nanti di beberapa butik Rimowa tertentu. Daniel Arsham yang memiliki ketertarikan besar akan karya seni yang menggabungkan antara batas seni, arsitektur, dan performa, dalam pengaplikasiannya, kerap membentuk pesan ambigu seputar ruang dan situasi. Juga hal-hal yang kerap ia klasifikasikan sebagai peninggalan masa depan dari masa sekarang ini.

Lewat benda bersejarah modern dan figur manusia kontemporer dengan detail berupa kikisan, dibuat dengan keahlian tangan Daniel Arsham menggunakan material geologis seperti pasir, selenite, atau abu vulkanik, memberi tampilan seolah baru saja digali dari timbunan yang berabad lamanya.

Karya seni Eroded Suitcase memiliki kesamaan dengan proyek yang dijalankan Daniel Ashram sebelumnya, Future Relic, yang juga dibuat dalam versi film yang dibintangi James Franco, Juliette Lewis, dan Mahershala Ali, dimana Ashram juga menggunakan pendekatan terhadap objek sehari-hari dari penemuan arkeologis milik masa depan.

Begitu pula dengan Eroded Suitace, terinspirasi dari dunia dystopia, pahatan berasal dari tanah dan puing-puing yang digali dari situs penggalian arkeologi. Warna putih menjadi kontras menawan antara karya seni pahat dan Rimowa Classic Attache.

Peluncuran koleksi Eroded Suitcase pun berlanjut ke rumah lelang Sotheby yang menandai kali pertama Rimowa bekerjasama dengan rumah lelang yang telah memiliki 10 ruang jual berbeda, diantaranya ialah New York, London, Hong Kong, dan Paris.

Eroded Suitace proyek kolaborasi Rimowa x Daniel Arsham, ditampilkan secara ekslusif dan akan ditampilkan bersama karya seni yang telah ditandatangi, surat pribadi dari sang seniman, dan satu set tiket koper yang didesain secara khusus oleh Rimowa dan Daniel Arsham.