Gaya Makeup Korea Dibanding Makeup Amerika

Gaya makeup Korea dan Amerika sungguh berkontras. Tren dan gaya makeup Amerika dikenal untuk tampilan yang glamorous dan dramatis dengan contour, highlighter dan alis yang tegas sedangkan gaya makeup Korea cenderung lebih natural dan minimalistik.

07.12.18 by Nabila Azhara Yudoputri

Gaya Makeup Korea Dibanding Makeup Amerika – Definisi kecantikan berbeda tergantung negara dan kebudayaanya. Makeup juga tidak selalu sama persis di seluruh dunia. Contohnya makeup gaya Amerika dan Korea. Meskipun kedua gaya makeup ini sangat populer, tren dan gayanya sendiri sangat kontras dengan satu sama lain. Tentunya tren makeup di Amerika dikenal untuk gayanya yang glamorous demikian tren makeup Korea dikenal untuk tampilannya yang manis dan natural. How different are they really? – Lets find out!

Full Coverage VS. Light Coverage

Gaya makeup korea

Penggunaan full coverage foundation dan concealer berguna agar kulit yang terlihat airbrushed dan flawless. Tekstur dan warna kulit harus diratakan agar kulit terlihat sempurna.

Namun dengan gaya makeup Korea, light coverage foundation atau CC cream lebih dipilih karena efeknya yang lebih natural dan glowy. Produk cushion foundation juga salah satu produk terpopuler di Asia dibanding pump-foundation yang lebih khas di Amerika.

Contoured VS. Plumped

Gaya makeup korea

Ooh she’s snatched! Contouring ini dibuat populer oleh Kim Kardashian dan makeup artistnya, Mario Dedivanovic. Tampil makeup yang terstruktur dengan contouring ini relatif dominan pada tren makeup di Amerika. Gaya makeup Amerika sangat mementingkan kelihatannya struktur wajah dengan menerapkan contour pada daerah tertentu seperti; pipi, hidung dan jidat.

Demikian, dengan gaya makeup Korea, contouring sangat jarang dan jika ada, hasilnya tidak akan setegas gaya contouring di Amerika. Bagi tren makeup Korea, contouring hanya di terapkan pada hidung untuk memberikan ilusi hidung yang lebih kecil dan mancung.

Bronzed VS. Flushed

Gaya makeup korea

Kulit yang terlihat bronzed seakan setelah berlibur ke daerah tropis, dianggap sebagai fitur kecantikan. Maka produk-produk bronzing sangat populer antara merk kosmetik dari daerah Barat. Agar kulit terlihat lebih bercahaya, makeup artist asal Amerika seringkali menggunakan bronzer dengan shimmer.

Tren yang sangat populer dari Korean beauty adalah kulit plumped yang merona. Efek ini dapat diraih dengan menggunakan teknik reversed contour. Teknik dimana contouring diabaikan tetapi blush dan highlighter tetap digunakan seperti biasa.

Arched VS. Flat

Gaya makeup korea

Untuk makeup Amerika, alis akan dibentuk hingga lengkungan lebih kuat. Begitu juga, alis biasanya dibentuk dan diisi menggunakan brow pomade agar terlihat lebih berstruktur dan gelap. Brow pomade ini membingkai alis dengan menggunakan angled brush untuk garis yang lebih tajam. Dengan gaya makeup Amerika, alis akan diwarnakan dengan teknik gradasi, dimana warna akan makin pudar semakin ke bagian depan alis.

Namun, dengan makeup Korea, alis tetap diisi agar terlihat lebih tebal, tetapi bentuknya tidak dibuat melengkung. Selanjutnya, alis juga dibiarkan lebih natural maka terlihat feathered. Feathered ini adalah gaya alis yang sengaja disisir ke atas sehingga terlihat lebih berantakan.

Blinding VS. Glowing

Gaya makeup korea

Mayoritas makeup artist asal Amerika gemar sekali menggunakan highlighter yang banyak hingga terlihat blinding. Namun, pada tren makeup Korea, yang lebih populer adalah kulit atau foundation yang glowing. Dengan tren makeup Amerika, highlight dipertegas pada tulang pipi, hidung dan cupids bow untuk memberikan dimensi.

Giliran dengan makeup Korea, efek glowing atau dewy lebih populer agar kulit terlihat lebih sehat dan natural. Highlight pada gaya makeup Korea tidak setegas highlight pada makeup Amerika. Untuk mencapaikan foundation yang glowy, gunakan liquid highlighter sebelum foundation untul tampilan yang lebih natural.

Drama VS. Subtle

Gaya makeup korea

Gaya makeup Amerika dikenal sangat extravagant dan dramatis. Mengenai gaya eye makeup, Amerika tidak malu membawa fokus kepada mata dengan makeup smoky eye atau cut crease yang dilengkapi dengan bulu mata palsu. Tampil yang striking dan full glam ini sangat populer di Amerika dan digunakan untuk berbagai macam acara dari red carpet, fashion show dan berpesta. Kadang juga dengan mata yang bold, bibir juga dilapis dengan warna yang tidak kalah bold, baik warna terang atau gelap.

Demikian dengan gaya makeup Korea, mata dibiarkan tampil sederhana dengan menggunakan satu warna seperti coklat, oren atau pink. Untuk gaya makeup yang lebih bold, seringkali mata akan dibingkai dengan winged eyeliner. Lalu dengan bibir, gaya makeup Korea lebih sering menggunakan liptint pink, oren atau merah daripada lipstick.

Baca juga: Raih Kulit Halus Dengan Glamglow “Good In Bed”