/  

Pameran Seni Bertema Feminist: Di Milan, Dior Bertindak Sebagai Sponsor

08.05.19 by Rizky C. Rory

Dior Bertindak Sebagai Sponsor – Bertindak sebagai sponsor tunggal, couture house Dior ikut terlibat dalam sebuah eksebisi bertajuk The Unexpected Subject. 1978 Art and Feminism in Italy. Eksebisi ini diselenggarakan di FM Center for Contemporary Art yang diluncurkan bersamaan dengan Milan Art Week dan berlangsung hingga 26 Mei nanti.

Mengurai analisis juga rekonstruksi terukur mengenai hubungan antara visual art dan feminist movement yang terjadi di Italia tepatnya tahun 1978, yang merupakan periode katalis dari kedua energi tersebut berperan.

The Unexpected Subject. 1978 Art and Feminism in Italy yangdikurasi oleh Marco Scotini dan Raffaella Perma ini, mengangkat perjalanan delapan seniman perempuan di kota Venice. Mereka terlibat pada eksebisi bertajuk Materialization of Language di tahun 1978.

Eksebisi seni bersejarah tersebut dikurasi oleh Mirela Bentivoglio yang menandai kehadiran eksibitor perempuan pada Venice Biennale 1978 untuk pertama kalinya. Saat itu, secara tradisional helatan ini tidak terlalu pro pada seniman perempuan.

Keikutsertaan dari Tomaso Binga, Irma Blank, Maria Lai, Lucia Marcucci, Giulia Niccolai, Anna Oberto, Mira Schendel, Patrizia Vicinelli, menjadi salah satu momen penting yang tercatat dalam sejarah pergerakan para feminist yang terjadi di Italia.

 

 

 

Baca juga: Unsur Ikonografi Budaya Jepang Koleksi Armani/Casa