Pameran Seni Timun Mas oleh Sejauh Mata Memandang

Authentic folklore beauty.

07.12.18 by Givania Diwiya Citta
pameran timun mas

Pameran Seni Timun Mas oleh Sejauh Mata Memandang – Cerita rakyat Indonesia asal Jawa Tengah yang berjudul Timun Mas, menjadi sumber interpretasi label tekstil Sejauh Mata Memandang untuk karya seni pameran yang sekaligus memperkenalkan koleksi terbaru musim Rintik 2018 miliknya. Selaku pendiri dan Creative Director Sejauh Mata Memandang, Chitra Subyakto memiliki pesan yang ingin disuarakan dari inspirasi dongeng rakyat Timun Mas melalui karya tekstil dan busananya yang bermain motif serta desain representasi dongeng. Yaitu bahwa lebih dari sekadar cerita rakyat, Timun Mas memberi pembelajaran positif untuk selalu berusaha dalam menghadapi berbagai persoalan, seperti perjuangan Timun Mas untuk terbebas dari kejaran raksasa Buto Ijo.

pameran timun mas

Pameran yang digelar sedari tanggal 8 November 2018 hingga 8 Januari 2019 di Senayan City, Jakarta, ini juga menghadirkan ragam kain, busana siap pakai, aksesori, hingga edisi terbatas selop, topeng, dan buku cerita Timun Mas yang terbuat dari kain bermotif khas koleksi Timun Mas. Seperti motif berbagai tokoh dalam dongeng tentang perempuan yang lahir dari timun ini, hingga detail perbekalannya yang legendaris mulai dari benih timun, duri, garam terasi, yang seluruhnya dikemas dalam warna-warna hangat namun vibran seperti kuning kunyit, hijau, dan biru.

pameran timun mas

Tipikal Sejauh Mata Memandang, pameran seni Timun Mas ini juga merupakan hasil karya kolaborasi bersama Davy Linggar untuk instalasi, Tulus dan Petra Sihombing untuk ciptaan musik animasi Timun Mas, Dian Sastrowardoyo untuk pengisi narasi pada animasi, dan Senayan City sebagai lokasi penyelenggara ekshibisi ini.

pameran timun mas

Sama seperti koleksi Timun Mas yang proses kreasinya dibuat penuh oleh tangan melalui metode tulis, cap, sablon, bordir tangan, yang dilakukan di beberapa kota Sragen, Pekalongan, Solo, Jakarta, dan dibantu komunitas Ibu Rumah Tangga dari Rusun Pesakih dan Rusun Marunda Jakarta. It is when authenticity reflects the tell tale’s true beauty.

pameran timun mas