Seni Desain Taman Modern untuk Hunian Klasik

Landscape architecture firm Bestall & Co gives the insight.

17.10.18 by Givania Diwiya Citta

Seni Desain Taman Modern untuk Hunian Klasik – Di kota Harrogate, Inggris, yang diisi arsitektur neoclassical, Lee Bestall yang memimpin firma Bestall & Co berhasil mengeksekusi tantangan untuk menciptakan taman bagi sebuah rumah klasik, dengan menekankan kesan privat, intim, kontemporer, sekaligus menyatu dengan properti historis ini. Tantangan terbesar dalam mendesain lanskap bagi rumah ini justru adalah tentang bagaimana mengkreasikan patio atau area duduk santai, tanpa harus menghalangi panorama rumah atau menghambat pemandangan taman dari dalam rumah. “Hal terakhir yang selalu akan kita pertimbangkan saat membeli rumah berpanorama bagus adalah furnitur halaman belakangnya,” ujar Lee sang gardener slash landscape architect yang mengepalai proyek berjudul Bay Tree Farm ini, tentang signifikansi dari arsitektur lanskap. Namun Lee berhasil menaklukan tantangan ini dengan menciptakan area sunken patio. Bahkan tidak hanya memberi solusi terhadap masalah tadi, sunken patio justru menjadi focal point seluruh desain lanskap hunian dan menjadi pusat bagi kehidupan relaksasi outdoor berkat desain yang melindungi dari angin kencang saat duduk bersantai.

desain taman modern

Sang klien memanglah mendambakan sebuah ruang bersantai di luar rumah. Ia menginginkan berbagai seleksi ‘ruang’ outdoor yang bisa dinikmati saat sendiri, atau saat berkebun di taman, hingga untuk menjamu tamu dan teman. Lee pun menggagas bahwa taman haruslah ramah bagi keluarga, dan sebisa mungkin low maintenance. Esensinya, ini adalah taman yang disebut dengan ‘modern country’. Berkat lokasinya yang benar-benar terbuka dan berbaur dengan panorama countryside, flora yang menjadi dekorasi alami taman pun menjadi tampak lebih kasual mengimbangi rumah yang berkesan formal. “Kami mengikuti garis-garis kunci yang bisa diekstraksi dari bangunan rumah. Menyelaraskannya dengan air mancur dan pahatan yang lurus sejajar dengan pintu belakang rumah adalah langkah mulanya. Kami ingin menciptakan sebuah taman dengan ruangan-ruangan tanpa dibatasi (misalnya dari pagar formal),” ungkap Lee yang menyingkap gaya soft planting dan desain bergaris tegas (yang memang keunggulan Bestall and Co) sebagai solusinya.

desain taman modern

Material timeless seperti kayu dan batuan menjadi unsur utama desain taman modern untuk rumah yang tradisional ini. “Saya senang membaurkan yang lama dan yang baru, kami sering sekali melakukannya,” Lee menjabarkan tentang kecintaannya terhadap otentisitas historis yang dimiliki sebuah bangunan tua, dan meleburkannya dengan desain kontemporer yang clean, bergaris simple, lalu melembutkannya dengan tetumbuhan. Seperti kolam yang dibangun ulang dari situs yang sudah ada, hingga penambahan dapur outdoor dan area fire pit hangat yang memfasilitasi suara air, dikelilingi tanaman teduh, serta diimbuhi sofa yang empuk sekaligus weather proof. Country, stylish, and homely at once.

desain taman modern

FOTOGRAFI: Bestall & Co