Unsur Ikonografi Budaya Jepang Koleksi Armani/Casa

30.04.19 by Rizky C. Rory

Unsur Ikonografi Budaya Jepang – menjadikan Koleksi Armani/Casa Collection 2019-2020 yang masuk dalam unit yang dieksibisikan pada Salone del Mobile 2019, menjadikan unsur ikonografi budaya Jepang sebagai landasan yang menyambut proses rumit dari serapan estetika desain Armani/Casa yang telah mengalir semenjak kemunculannya pertama kali. Estetika desain dari luxury furnishing yang dikenal akan elegansi tanpa batas, menembus artikulasi berupa pertukaran subtil antara sensibilitas dan gaya.

Bersamaan dengan runway show yang diadakan pertama kali di Armani/Silos, rumah bagi karya arsitektural milik arsitek Tadao Ando yang bernama The Challenge, Giorgio Armani juga mempertunjukkan koleksi Armani/Casa terbaru yang mengambil tempat di Armani/Teatro – venue yang didesain oleh Tadao, yang berada di kota Milan.

Tema Nature and The East mencakup seluruh koleksi interior Armani/Casa 2019 2020 yang mengekspresikan unsur ringan dan tersampaikan lewat eksplorasi ketebalan bentuk yang hadir secara halus. Dimulai dari struktur furnitur hingga tekstur anyaman pada tekstil yang mengambil inspirasi dari obi pada kimono.

Tema besar ini juga belanjut pada beberapa furnitur dengan permukaan yang memliki kecenderungan karakter yang lebih keras seperti kayu dan kulit. Pendekatan ini membentuk kembali identitas yang terasa baru dan memiliki value yang lebih playful.

Eksplorasi yang lebih mendalam terhadap kultur Jepang ialah pesona oriental yang berasal dari simbol ikonografi milik negeri matahari seperti alam, hot spring, bentuk dari tsuba; pengawal Jepang yang berpedang, dan kesan ringan serta ketidakstabilan dari ombak.

Eksibisi Armani/Casa 2019 2020 dipajang pada beberapa ruang pertunjukkan berwarna hitam menyerupai kotak raksasa juga dihiasi berbagai instalasi yang menyerupai layang-layang. Instalasi aerial ini tertata secara presisi dan melodramatis. Menampilkan kesan scenografi berkat kemampuan instalasi yang memfilter pencahayaan pada ruangan lewat bentuknya yang menyerupai replika dari furnitur yang menjadi referensinya, sampai dengan palet warna yang terdiri dari light blue, blue, red, dan pale gold.

armanicasa-salone-del-mobile-2019-6 armanicasa-salone-del-mobile-2019-3 armanicasa-salone-del-mobile-2019-2 armanicasa-salone-del-mobile-2019-8 armanicasa-salone-del-mobile-2019-4 armanicasa-salone-del-mobile-2019 armanicasa-salone-del-mobile-2019-5 armanicasa-salone-del-mobile-2019-7 armanicasa-salone-del-mobile-2019-9
<
>

Baca juga: Daya Tarik Psychedelic Pada Presentasi Coach 1941 Fall 2019