“Virgil Abloh: Figures of Speech” Dibuka pada 10 Juni

Cukup wajar jika dikatakan sosok Virgil Abloh telah menahklukan industri fashion; percobaan pertama dengan label milik Virgil Abloh sendiri, yaitu Off-White yang membawa tren street couture diterima secara global, dan berlanjut ke kepemimpinan Virgil sebagai Artistic Director Louis Vuitton – menggengam jenjang karir yang melesat lewat streetwear ke arena luxury.

29.05.19 by Min A. Lee

 

Virgil Abloh – Namun di tengah mengalirnya apresiasi, terdapat kekuatan dalam diri Virgil Abloh untuk terus mendorong batas dinding berkreasi dan juga misi untuk menemukan seberapa jauh kapasitas dan daya pikir dapat membawanya.

Sulit untuk melabeli sosoknya sebagai perancang, arsitek, atau seniman; Virgil Abloh tidak membiarkan dirinya terjebak dalam satu area. Dia menginspirasi banyak orang untuk melihat jauh ke dalam diri mereka sendiri dan mencoba menemukan jalur kreatif yang tidak tradisional akan tetapi lebih intuitif untuk diri mereka sendiri dan zaman yang berubah secara gaduh.

Sekarang ini, Virgil Abloh mengagendakan gelombang yang lebih banyak di dunia seni lewat museum exhibition yang akan dibuka pada 10 Juni di Modern Art Contemporary Chicago. Pada November lalu, ia menciptakan instalasi yang hanya hadir selama satu malam di Spazio Maiocchi art space yang dikenal spesifik di Milan.

Pada pertunjukkan tersebut, Virgil Abloh banyak membicarakan tentang pamerannya pada bulan Juni mendatang, yaitu “Not Just One Thing, dimana bukan tentang fashion, patung, lukisan, atau fotografi. Sekarang saya berusia 38 tahun. Saya telah membuat karya seni sejak 15 tahun terakhir di berbagai platform yang berbeda, jadi pertunjukannya akan tentang hal-hal yang dibuat di masa lalu, tetapi juga hal-hal yang akan kita dibuat di masa depan.”

Baca juga: Albedo, Instalasi Seni Sustainable Persembahan Audemars Piguet

Virgil Abloh pun pulang ke rumahnya, Chicago, dan dengan jangka waktu empat bulan, kami berharap dapat melihat bagaimana dunia seni yang belakangan sedikit lebih ketat mengeksplorasi Figures of Speech dan arti dibaliknya bagi generasi seniman berikutnya baik tua maupun muda.

Seiring dengan galeri, pop-up store miliknya, “Church & State,” yang berisikan sederet desain Off-White dan karya-karya eksklusif  yang juga akan hadir di dalam museum nanti. Pameran akan berlangsung dari Juni hingga 22 September 2019.

Dok: Museum of Contemporary Art Chicago, Design Boom